Ronde berjalan

Ya ya ya, berjalan karena dia berjualan ronde dengan gerobak sepedanya. Sempat menghilang dari peredaran hampir dua tahun lamanya, akhirnya si paman ronde datenga lagi. “Habis pulang ke jawa, bertani lagi”‘ katanya. Setelah dua tahun vakum jualan ronde, ternyata rasa rondenya tidak berubah. Memang ronde banjarmasin agak berbeda dengan ronde di jawa timur. Pentolnya ga berisi kacang, kuahnya dikasih susu, ada gabin danagar agar juga. Kalo di jawa mirip dengan angsle.

Harganya enam ribu semangkok. Bisa pilih ronde dingin ato ronde panas. Karena sekarang musim ujan dan berangin, ronde si paman ni laku banget. Soalnya harganya murah, rasa enak dan kuah jahenya nendang gan, langsung anget dah baden bis nyicip kuah jahenya. Rute kelilingnya dari veteran – kuripan – ayani km1-2 . Jam dinasnya sih mulai jam 2an. jadi kalo yang tinggal di daerah vetran dan kuripan bakalan dilalui siang siang, nah untuk ayani, dia bakalan muter kaya setrika untuk singgah di kantor kantor dan toko toko.

ini penampakannya. ( poto kurang lengkap, ntar di update lagi poto lagi si paman +gerobaknya)

DSC01416 Continue reading

Advertisements

Mama Icha

Warung Nyiur yang udah lama banget buka, dan beberapa tahun ini selalu heboh. Kalo inget jaman pas sepedaan dulu, tempat ini ga serame sekarang, sepi sepi aja, tapi dia yang pertama jual nyiur jahe. The best juga pas jaman dulu. Dan si pemiliknya bener bener baek hati, mungkin karena itu, warungnya sekarang jadi ruame banget. Saya ke warung ini pagi pagi jam setengah sepuluh, soalnya kalo siangan, bakalan antri panjang dan lama. Tempatnya di km.13an, sebelum gambut. Yang disediakan bermacam macam es nyiur, mulai dari nyiur polos, sampe dengan es nyiur jahe trapi…

DSC01409 Continue reading

Waroeng Blitar Pak Broto

Satu lagi tempat kuliner enak yang di rekomendasikan dari teman yang doyan makan. Waroeng blitar Pak Broto, sedia bermacam macam masakan khas jawa timur. Ada pecel ala blitar, gado gado, nasi campur, nasi rawon dll. Barusan hari ini bisa nyobain, lokasi memang agak jauh dari kota, sekitar 19km, tapi daripada pergi ke surabaya, warung pak broto ini cukup untuk melepas rindu masakan jawa yang uenak bin murah.

Kelebihan dari tempat ini adalah, nasi boleh ambil sepuasnya, tapi inget inget takaran ya, sanggup ngambil sanggup ngabisin, jangan mubasir. Setelah ambil nasi baru kita ke meja antri untuk pilih lauk. Ada sayur pecel, rawon, tempe bacem, sambel goreng tempe, telur dadar, ayam tepung, usus, dan masih banyak lagi.

Yuk liat potonya dulu.. dijamin pengen dah..

DSC01396 Continue reading

Bakso Arema ala banjarmasin

Tempat ini adalah temuan dari seorang teman saya yang sangat doyan makan dan makan. Promosinya gencar banget loh, sampe akhirnya kita semua nyobain. Tempatnya gak mewah, tapi masih terliat bersih. Di jalan apa saya lupa, tapi dari bundaran besar banjar baru, warung bakso ini masih lurus ke arah bendungan riam kanan. Sekitar 500 meteran dari bundaran, di sebelah kiri jalan. Yang bikin berasa kaya di malang adalah ragam jenis bakso dan gorenganya. Ada bakso, bakso goreng, somay, somay goreng dan gorengan usus. Seporsi isi 8 biji, biasanya kurang kalo makan seporsi, soalnya kecil kecil. Sayang ga ada mie nya, coba ada mie, mantab jaya dah.

Untuk rasa, standar lah, tapi cukup mengobati rasa kangen buat makan bakso di malang sana. Yang pasti disini baksonya halal. Kalo di malang mending tanya dulu dah halal ato ga. hahahaha. Dan harganya juga sesuai dengan kantong anak kuliahan lah. ga mahal dan ga murah banget juga. Tempat makanya ada dua, di dalam warung, agak remang, kalo mau terang ada tempat lagi disampingnya, terang dan lebih sejuk…

DSC01252

Continue reading