Tenda Biru

Depot Tenda Biru alias depot yesika, atau lainya lagi. banyak sebutan buat depot satu ini. Letaknya saling berdekatan dengan depot penjual pangsit mie kuah di jalan kampung gedang. Konon katanya, mereka semua berasal dari tempat yang sama, dan kemudian pecah dan membuka depot sendiri. Ini konon lho ya, kalo ada yang lebih tau kebenaranya, boleh diralat.

Pangsit mie kuah di banjar beda seratus persen ama pangsit mie kuah di malang, di banjar, mie nya gede gede, trus kuahnya bukan kaldu ayam, tapi kaldu babi. Yup, putih warnanya, gurih rasanya, dan nendang di lidah. Menu yang paling laku di depot ini biasanya seputaran mie goreng, pangsit mie kuah, nasi goreng dan pangsit gorengnya. Kemaren ujan deres banget pas kita makan di depot ini, pesen pangsit goreng, mi goreng dan pangsit goreng. Satu komentar yang terlontar dari teman yang berasal dari malang, ” kulit pangsitnya beda ya”. Yup, beda banget, kulit pangsit di banjar super tipis. Trus waktu pangsit mie kuah nya dateng, dia juga bilang mienya beda banget, tapi enak. Hmmm, kemaren pas daging babinya habis, Jadilah diganti dengan daging ayam.

Mari kita mulai dengan apetizer …

_MG_5954

Continue reading

Advertisements

Depot Semua senang

Depot semua senang alias depot Pak Siyo, alias depot ayam guntung payung, Depot yang udah lama buka, sejak saya masih kecil depot ini sudah jualan ayam goreng. Menunya cuma ayam goreng, dan nasi soto. Dari dulu sampae sekarang tempatnya tidak berubah, di Guntung payung banjar, sekitar setengah jam dari banjarmasin. Ke depot ini hasil dari keinginan temen yang katanya 20taon lalu makan trakhir disana, dan tadi siang akhirnya kita ke sana rame”.

_MG_5945

Continue reading

Lontong Orari

Roger , dikopi, ganti…. alpha romeo charlie dan bla bla bla bla, Konon nama depot ini berasal dari aktivitas para pelaku radio amatir, yang doyan berkumpul di tempat ini. Dulunya waktu pertamakali buka, depot ini hanya buka malam malam, kalo ga salah ingat, dulu sekali jam 9an baru buka, tapi sekarang karena tuntutan permintaan pasar yang meningkat, mereka sudah buka lebih sorean. Tempat makan spesial lesehan, tanpa kursi.

Kalo mau sombong, Sapa sih yang ga tau ama lontong orari, Soalnya banyak artis sudah makan disini, dan beberapa kali depot ini masuk ke liputan kuliner top di indonesia. Itu kalo mau sombong. hehehe. Yuk kita masuk ke depot yang lokasinya masuk ke jalan kecil yang padat dengan mobil” yang parkir untuk makan di depot ini…. brooommmmmm

_MG_5921

Continue reading

Ketupat Kandangan Dinda

Ketupat kandangan, makanan khas bersantan yang luar biasa gurih. Dan lauknya biasanya ikan haruan asap dan telor bebek, plus ada telur ikan. Ketupat kandangan dinda merupakan salah satu dari depot ketupat kandangan enak di banjarmasin. Hari ini juga coba” ke tempat ini,untung”an lah, soalnya biasanya jam 10an udah habis bersih ketupatnya. Untunglah pagi tadi ujan deras, dan pas kita ke tempat ini, ketupat masih ada.

_MG_5910

Continue reading

Nasi Kuning Rahmat

Kenalkan nih, nasi kuning terbaik di banjarmasin, nasi kuning Rahmat, di jln. Perintis kemerdekaan. Ga bakalan susah buat cari tempat satu ini, ruame banget. Tempat paling favorit buat menikmati citarasa khas banjarmasin, Nasi kuning, lontong, dan ada juga jajanan khas banjar.

Biasanya kalo udah jam 9, lauk yang ada cuma telor, untungnya tadi waktu kita ke sini, masih ada ayam, daging sapi, dan telur, walaupun haruan (ikan gabus) habis bersih. Yang bikin enak adalah, nasinya, nasinya selalu baru, ga ada namanya nasi masak banyak dini hari, dan dijual paginya, semua nasinya di masak sedikit”. Dan kuningnya serta wanginya bener2 mantab, ga pake pewarna buatan dah. Nilai plusnya, si acil(ibu penjual) ga pelit buat kasi taburan bawang goreng. NYAMMMMMM

_MG_5906

Continue reading

SIONG bulus

Depot Siong, terkenal seantero banjarmasin. Sudah dari dulu semenjak saya kecil, ini depot sudah ada. Tapi emang karena dulu ga terlalu suka ama bulus, jadilah saya ga pernah makan disana. Bayangan saya sih bulus, hewan yang aneh, rasanya pasti aneh, dan denger” dagingnya pun berbau, hampir sebau kambing. Tapi ternyata, waktu mencoba pertama kali, bayangan negatip ilang semua. ternyata enak juga.

Daftar menu disini sate bulus 6rb/tusuk, sate babi 5rb/tusuk, dan ca bulus 60rb/porsi. Dibilang enak, emang enak, tapi ingat ya guys, kalo makan disini kudu inget kolestrol, tekanan darah. hehehe, soalnya yang enak” itu mengandung kadar racun yang banyak juga.

_MG_5881 Continue reading

MADEZO

Dari nama sih, kedengaranya agak suram, tapi rumah makan Madezo ini sudah ada sejak lama sekali di banjarmasin. Dan sudah mempunyai 2anak cabang, satu di banjarmasin juga, satunya lagi di palangkaraya. Merupakan ayam dan itik panggang terbaik di banjarmasin. Yang paling enak ya bumbu dan kuah sopnya. Banyak kerabat dan teman di pulau jawa yang doyan dengan kuliner satu ini. Tapi bagaimana pun juga, makan di tempatnya langsung emang paling TOP bro….

_MG_5894 Continue reading